RINGKASAN MATERI + CONTOH SOAL UAN 2013 SMK KEJURUAN
Kompetensi 1
|
1. Membaca
Membaca berbagai
informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
|
A.
Menentukan gagasan pokok,
simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai
dengan isi paragraf
|
Setiap paragraf
mengandung gagasan pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas. Gagasan pokok
merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah wacana. Gagasan pokok
disebut juga gagasan utama atau ide pokok. Gagasan pokok terletak di awal,
akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.
Paragraf
yang memiliki gagasan pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif.
Paragraf yang memiliki gagasan pokok di akhir paragraf disebut paragraf
induktif. Paragraf yang memiliki gagasan pokok di awal dan akhir paragraf
disebut paragraf campuran. Paragraf yang memiliki gagasan pokok di seluruh
paragraf disebut paragraf narasi/ineratif.
Gagasan pokok dalam
suatu paragraf terletak dalam kalimat utama. Kalimat utama didukung oleh beberapa
kalimat penjelas. Kalimat penjelas dalam sebuah paragraf memiliki kesatuan yang
utuh dan memiliki susunan yang runtut.
Selain
menentukan isi paragraf, Anda dapat menentukan simpulan paragraf. Simpulan
adalah sesuatu yang disimpulkan atau pendapat terakhir berdasarkan uraian
sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Simpulan
harus sesuai dengan isi paragraf.
Contoh soal
1. Perhatikan
paragraf berikut!
Masih
banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. Padahal,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkan 49 judul buku digital
kecil di internet. Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan
menguntungkan murid dan orang tua, guru belum sepenuhnya memahami cara
memperolehnya. Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang
diakses dari internet sehingga mereka juga harus dibekali pengetahuan tentang
internet.
Disadur
dari : www.transparasipendidikan.blog
spot.com /2008/06/buku-digitalmasih-asing-sosialisasi.html
Gagasan pokok paragraf
tersebut adalah ...
A. Empat
puluh sembilan judul buku digital. C.
Kemungkinan penggunaan buku digital.
B. Buku
pelajaran digital di internet. D.
Keuntungan program buku digital.
E. Pengetahuan
guru tentang buku digital.
2. Terbitnya
buku Kraton Jogja, selain menambah bacaan, diharapkan juga bisa
menggugah provinsi lain untuk mengangkat simbol dan filosofi budaya
masing-masing. Dengan begitu akan terjadi dialog dan transformasi di kalangan
masyarakat. Demikian dikatakan Sultan Hamengku Buwono X dalam peluncuran buku Kraton
Jogja di Gandaria Height, Jakarta, Rabu, 25 Juni. Sultan menambahkan,
melalui buku dan dialog, masyarakat etnik akan saling mengenal sehingga dapat
saling menghargai. Menurut Sultan Hamengku Buwono X sikap saling mengenal dan
menghargai dinilai penting karena dewasa ini ada kecenderungan untuk melupakan
hal-hal yang bernuansa kearifan lokal. Padahal, dari kearifan lokal dapat
dibangun kebersamaan sebagai suatu bangsa.
Simpulan
paragraf di atas adalah ...
A.
Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan penerbitan
buku Kraton Jogja dapat mendorong provinsi lain untuk mengembangkan
budaya masing-masing.
B. Sultan
Hamengku Buwono X mengatakan bahwa melalui buku dan dialog, masyarakat etnik
Indonesia akan saling mengenal dan menghargai.
- Sultan Hamengku Buwono X menilai bahwa pada saat ini ada kecenderungan masyarakat untuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan lokal.
- Sultan Hamengku Buwono X mengatakan buku Kraton Jogja dapat mengangkat simbol dan filosofi budaya daerah-daerah lain di Indonesia.
E. Sultan
Hamengku Buwono X mengharapkan dengan peluncuran buku. Kraton Jogja terjadi
kecenderungan untuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan lokal.
B.
Menentukan jenis laporan
|
C.
Laporan
ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang
berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang
diberikan. Hal yang ditulis dalam laporan sama dengan peristiwa yang terjadi
atau dialami. Laporan dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan sifat, bentuk,
dan kegiatan
Berdasarkan
sifatnya, laporan dibedakan menjadi tiga sebagai berikut.
1.
Laporan formal merupakan laporan yang
memenuhi ciri-ciri formal sebuah buku, seperti judul, pengesahan, moto,
persembahan, kata pengantar, daftar isi, abstrak, pendahuluan, isi, penutup,
daftar pustaka, dan indeks. Laporan formal menggunakan bahasa Indonesia yang
resmi.
2.
Laporan semiformal merupakan laporan
yang bentuknya mirip laporan formal, tetapi unsur-unsurnya tidak selengkap
laporan formal. Laporan semiformal menggunakan bahasa Indonesia yang resmi.
3.
Laporan nonformal merupakan laporan
yang tidak memuat unsur-unsur laporan formal. Laporan nonformal berbentuk
paparan atau cerita. Bahasa yang digunakan dalam laporan nonformal adalah
bahasa Indonesia resmi atau baku.
Berdasarkan
bentuknya, laporan dibedakan menjadi enam
jenis sebagai berikut.
1.
Laporan berbentuk formulir isian
2.
Laporan berbentuk surat
3.
Laporan berbentuk memo
4.
Laporan berbentuk paparan, uraian, atau
cerita
5.
Laporan berbentuk naskah
6.
Laporan berbentuk buku
Berdasarkan kegiatannya, laporan
dibedakan menjadi tujuh jenis sebagai
berikut.
1.
Laporan kegiatan
2.
Laporan penelitian
3.
Laporan hasil wawancara
4.
Laporan hasil kunjungan
5.
Laporan perjalanan
6.
Laporan hasil diskusi
7.
Laporan hasil menelaah buku
8.
Laporan hasil pengamatan
Contoh Soal
1.
Perhatikan kutipan laporan berikut!
Belasan
wisatawan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jateng, mengalami luka bakar akibat
Kapal Motor (KM) Bangkit 01 yang mereka tumpangi meledak. Meledaknya KM Bangkit
01 terjadi sekitar pukul 10.15 WIB pada Jumat, 23 Desember 2011. Berdasarkan
informasi yang kami himpun, peristiwa terjadi ketika KM Bangkit 01 ini hendak
berangkat mengantar wisatawan yang akan menyaksikan prosesi larung sesaji (rangkaian
ritual sedekah laut di Pantai Teluk Penyu) di Pulau Majeti sebelah selatan
Pulau Nusakambangan.
Sumber: Warta Jateng, Sabtu, 24
Desember 2011
Laporan di atas termasuk jenis laporan
…
A.
kunjungan D. perjalanan
B.
peristiwa E. pengamatan
C.
kegiatan
3. Laporan
berikut yang merupakan laporan pengamatan adalah ...
A. Pada
Jumat, 23 Desember 2011, kegelapan melanda sebagian wilayah Kota Solo akibat
padamnya lampu-lampu penerangan jalan. Kegelapan ditemui antara lain di
sebagian Jalan Slamet Riyadi, sebagian Jalan Adi Sucipto, Manahan, tepatnya di
sekitar Mapolres Solo, dan sebagian Jalan Bhayangkara.
B. Sempat
dinyatakan hilang di Gunung Lawu, Muhammad Ardian, mahasiswa Universitas
Sebelas Maret (UNS) Solo, akhirnya ditemukan dalam keadaan sudah tidak
bernyawa. Mahasiswa tersebut ditemukan di Hargo Pusoro, salah satu puncak
Gunung Lawu.
C. Kami
berangkat menuju Panggung Krapyak, Yogyakarta pukul 09.00 WIB. Setelah menempuh
perjalanan hampir 2 jam kami tiba di objek wisata tersebut. Kemudian, kami
mengelilingi bangunan tersebut. Bangunan tersebut berbentuk persegi empat
dengan luas 17,6 x 15 m, dindingnya terbuat dari bata merah yang dilapisi semen
car Berta disusun setinggi 10 m. Bangunan ini memiliki empat ruang dan lorong
yang menghubungkan setiap sisi pintu.
D. Perjalanan
ke Yogyakarta, kami mulai dari Semarang pukul 06.00 WIB melalui jalur Selo,
Boyolali. Tujuan pertama kami adalah ke candi Borobudur. Setelah melalui
Boyolali, lalu kami naik menuju jalur Selo. Kemudian, kami melalui objek wisata
Ketep Pass. Dari Ketep Pass ini kami dapat melihat keindahan Gunung Merapi dari
dekat. Di sang tampak bekas letusan Gunung Merapi. Setelah itu, kami menuju
arch Muntilan tempat candi Borobudur berada. Setelah dari candi Borobudur, kami
langsung menuju Malioboro, Yogyakarta.
E. Siswa-siswi
SMK Pusaka mengadakan kegiatan pasar murah dan pentas seni di Desa Sambirejo.
Tujuan dari kegiatan tersebut adalah menghibur masyarakat yang terkena bencana
tanah longsor, Kamis, 22 Desember 2011 yang lalu. Kegiatan tersebut dimulai
pukul 08.00 sampai pukul 15.00. Masyarakat terlihat antusias dalam mengikuti
acara tersebut.
C.
Menentukan isi petunjuk
kerja
|
Petunjuk kerja
berisi langkah-langkah melakukan sesuatu
pekerjaan atau proses melakukan
pekerjaan atau proses membuat sesuatu. Bahasa yang digunakan dalam petunjuk berupa kalimat efektif, jelas dan
mudah dimegerti. Petunjuk kerja tersebut harus dilakukan secara urut agar hasil
yang diperoleh sesuai dengan yang kita
inginkan.
Perhatikan petunjuk berikut !
Petunjuk
Menanam Bibit Rambutan dalam Drum
1) Buatlah
lubang pada media tanah yang ada dalam drum. Sesuaikan ukuran lubang dengan
ukuran perakaran bibit rambutan.
2) Tambahkan
pupuk NPK, dengan perbandingan 15:15:15, sebanyak 100 gram ke dalam lubang.
3) Aduklah
pupuk NPK yang telah dicampur dengan tanah hingga merata.
4) Setelah
pupuk NPK dan tanah tercampur rata, tanamlah bibit rambutan pada media tanah
yang ada dalam drum.
5) Tekanlah
tanah pada bagian pangkal bibit perlahan-lahan.
6) Kemudian,
siramlah tanah sampai cukup basah.
7) Untuk
sementara waktu, tutuplah bibit rambutan dengan kantung plastik transparan.
8) Letakkan
bibit rambutan di tempat yang teduh sampai tumbuh tunas.
9) Jika
sudah tumbuh tunas-tunas rambutan baru, singkirkan penutup bibit rambutan.
Pernyataan yang sesuai dengan isi petunjuk adalah ...
- Pembuatan lubang dalam drum sebaiknya dibuat agak lebar dari ukuran perakaran bibit rambutan.
- Pupuk NPK sebanyak 100 gram ditebar di sekeliling akar bibit rambutan.
- Pupuk NPK dan tanah sebaiknya tidak dicampur rata.
- Untuk sementara waktu, bibit rambutan ditutup dengan kantung plastik transparan.
- Penutup rambutan dari kantong plastik transparan dibiarkan hingga pohon rambutan berbuah.
D.
Memntukan isi riwayat
hidup/biografi
|
Daftar riwayat hidup
adalah daftar tentang segala sesuatu
yang telah dialami atau dilakukan
seseorang. Daftar riwayat hidup berisi identitas seseorang dari nama, alamat,
tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, pengalaman berorganisasi,
pengalaman kerja, dan pendidikan. Daftar riyawat hidup harus diisi dengan
sebenar-benarnya atau sejujur-jujurnya. Kejujuran pengisian daftar riwayat hidup dapat mencerminkan si pengisi cermat dan dapat dipercaya.
Biografi merupakan
catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi
paparan kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal
dunia. Semua jasa, hasil karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan
oleh seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi.
Contoh
Soal
1.
Perhatikan kutipan biografi berikut!
Karya-karya
besar Dr. Ir. Ciputra begitu beragam. Hampir semua subsektor properti
dijamahnya. la kini mengendalikan lima kelompok usaha Jaya, Metropolitan,
Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development yang masing-masing
memiliki bisnis inti di sektor properti. Proyek kota barunya kini berjumlah
sebelas buah yang tersebar di Jabotabek, Surabaya, dan Vietnam dengan luas
lahan mencakup 20.000 hektare lebih.
Kutipan
biografi tersebut menceritakan ...
A. Riwayat
pendidikan Ciputra.
B. Karya-karya
besar yang dirintis Ciputra.
C. Jabatan
yang diduduki oleh Ciputra.
D.
Anak perusahaan Ciputra Group.
E.
Pengusaha rekanan Ciputra.
E.
Memntukan isi grafik /
matriks
|
Grafik adalah gambaran
pasang surut suatu keadaan atau data
yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu
grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.
1. Grafik
batang adlaah lukisan naik turunnya data
berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek.
2. Grafik
garis adalah lukisan naik turunnya data
berupa garis yang dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik
ini dipakai untuk menggambarkan
perkembangan atau perubahan dari waktu-ke waktu.
3. Grafik
lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk
menggambarkan presentase dari nilai
total atau seluruhnya.
Matriks adalah tabel
yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan
dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
Isi grafik dan matriks
dapat diuraikan ke dalam kalimat. Anda harus teliti memperhatikan angka-angka
di dalamnya.
Membaca grafik dan
matriks dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
1.
Membaca judul grafik dan matriks
untuk mengetahui gambaran isi grafik dan
matriks.
- Membaca informasi yang terdapat dalam baris dan kolom atas, samping, dan bawah.
- Mengajukan pertanyaan tentang isi grafik dan matriks.
- Menjawab pertanyaan tersebut sesuai isi tabel.
Anda dapat mengetahui
isi grafik dan matriks dengan cepat dan tepat dengan membaca judul dan
informasi yang terdapat dalam tabel, grafik, dan diagram.
Contoh
Soal
Jenis Tanaman
|
Komposisi Kimia Nira
|
Kadar Air
|
Kadar Gula
|
Kadar Protein
|
Kadar Lemak
|
Kadar Abu
|
Aren
1
Aren
2
|
88.85
87.66
|
10.02
12.04
|
0.23
0.38
|
0.02
0.02
|
0.03
0.21
|
|
Lontar
Nipah
|
87.78
86.30
|
10.95
12.23
|
0.25
0.21
|
0.02
0.02
|
0.10
0.43
|
|
Kelapa
1
Kelapa
2
|
87.78
88.40
|
10.33
10.27
|
0.21
0.41
|
0.17
0.17
|
0.37
0.38
|
Hal yang digambarkan dalam matriks
adalah ...
A. Jumlah
kadar materi dalam berbagai jenis tanaman.
B. Komposisi
nira dalam berbagai jenis pohon.
C. Jumlah
kadar komposisi dalam nira tanaman.
D.
Komposisi nira dalam berbagai jenis
tanaman.
E.
Persentase kadar nira dalam tanaman.
F.
Menentukan tanggapan
logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf
|
Tanggapan adalah sambutan terhadap hal,
peristiwa, masalah, ucapan, pendapat, atau gagasan yang berupa kritik,
komentar, atau yang lain. Tanggapan dapat berupa pernyataan setuju, tidak
setuju, tidak suka, suka atau menambahkan pendapat.
Contoh
Soal
Para penebang pohon
liar tidak peduli dengan penanaman kembali pohon atau reboisasi. Pohon-pohon
ditebang tanpa izin untuk keperluan pribadi tanpa memedulikan kelestarian
lingkungan. Dari 130 juta ha luas hutan di Indonesia, seluas 42 juta ha hutan
di Indonesia tanpa pohon atau gundul. Lahan-lahan hutan yang gundul tersebut
menyebabkan terjadi bencana. Bencana tanah longsor dan banjir adalah akibat
dari penggundulan hutan.
Tanggapan logis terhadap paragraf di
atas adalah ...
A.
Penanaman kembali pepohonan di hutan
membutuhkan waktu cukup lama.
B.
Untuk tetap menjaga kelestarian hutan,
para penebang sebaiknya melakukan reboisasi.
C. Hutan
merupakan paru-paru dunia yang harus dilestarikan.
D.
Semakin lama hutan di Indonesia akan
habis.
E.
Dunia menyalahkan Indonesia jika hutan
di Indonesia habis.
G.
Menentukan kata
baku/tidak baku, kata bersinonim/berantonim, kata bermakna konotasi, kata
bermakna denotasi, dan perubahan makna kata
|
Paragraf disusun
menggunakan pilihan kata yang tepat. Kata-kata yang digunakan dapat berupa kata
baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata bermakna konotasi atau denotasi,
dan kata yang mengalami perubahan makna.
Kata baku merupakan
kata yang cara pengucapan atau penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar
yang dibakukan. Kaidah standar yang dimaksud dapat berupa:
1.
pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EyD),
2.
tata bahasa baku, dan
3. Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Kata tidak baku adalah
kata yang cara pengucapan atau penulisannya tidak memenuhi kaidah-kaidah
standar tersebut.
Selain menggunakan kata baku, kalimat
juga disusun beberapa kata. Setiap kata memiliki makna atau arti.
Makna kata dalam
bahasa Indonesia dibedakan menjadi kriteria berikut.
1. Makna
Leksikal dan Makna. Gramatikal
Makna
leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa
bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam kamus Indonesia. Makna gramatikal merupakan makna yang timbul akibat proses penggabungan bentuk yang satu dengan bentuk yang lain.
bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam kamus Indonesia. Makna gramatikal merupakan makna yang timbul akibat proses penggabungan bentuk yang satu dengan bentuk yang lain.
2. .Makna
Denotasi dan Konotasi
Makna denotasi
merupakan makna dasar atau makna yang menunjuk langsung atau sesuai dengan
acuan atau referennya. Sebaliknya, makna konotasi merupakan makna tambahan atau
makna tidak sebenarnya dan tidak mengacu referennya.
Makna-makna dalam bahasa Indonesia
memiliki hubungan. Hubungan makna ini menyangkut kesamaan makna (sinonim),
kebalikan makna (antonim), ketercakupan makna (hiponim), kegandaan makna
(polisemi dan ambiguitas), dan kelebihan makna (redundansi).
Sinonim adalah dua kata atau lebih yang
memiliki makna yang sama atau hampir sama.
Contoh : Mati, meninggal, wafat, tewas
Antonim merupakan dua kata atau lebih
yang memiliki makna berkebalikan.
Contoh : Bagus >< jelek , Besar
>< kecil
Homonim merupakan dua kata atau lebih
yang ejaan atau lafalnya sama, tetapi maknanya berbeda.
Contoh : Bisa : racun , Bisa : dapat
Homofon yaitu dua kata atau lebih yang
ucapannya sama, tetapi berbeda ejaan dan maknanya.
Contoh : Bank - bang, sangsi - sanksi
Homograf adalah dua kata atau lebih
yang sama ejaannya, tetapi berbeda ucapannya.
Contoh : Tahu : lauk , tahu : paham
Hiponim adalah kata atau frasa yang
maknanya dianggap merupakan bagian dari kata yang lain.
Contoh : Warna, bunga
Hipernim adalah kata atau frasa yang
maknanya dianggap lebih umum dari kata lain.
Contoh
: merah, kuning dll
Polisemi adalah bentuk bahasa yang
memiliki beberapa makna dan maknanya masih dapat dirasakan. Maknanya memiliki
hubungan dengan makna dasarnya
Contoh kata “anak”
-
Anak kandung
-
Anak tangga
-
Anak panah
Makna dalam bahasa Indonesia juga
mengalami perubahan makna. Perubahan makna kata dalam bahasa Indonesia meliputi
meluas, menyempit, peyoratif, amelioratif, asosiatif, sinestesia.
Contoh: Peyoratif
Penjara, bunting, laki-bini, perempuan
dll
Contoh: Amelioratif
Lembaga pemasyarakatan, nikah, wanita
dll
Contoh: Asosiatif
Pejabat itu di ciduk polisi
(ditangkap)
Contoh: Sinestesia
Perkataannya sangat pedas.
Contoh
Soal
1. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama !
1)Arno
menyerahkan photocopy kartu tanda penduduk dan kartu keluarga untuk
mendapatkan beras murah. 2) Panitia lantas memberinya kupon beras dan
menyuruhnya antre. 3) Akan tetapi, mereka kecewa karena beras murah yang
dijanjikan tidak ada. 4) Sementara itu, warga terus berdatangan. 5)
Mereka pun kecewa dan mengatakan bahwa mereka tertipu.
Kata
bercetak miring yang penulisannya tidak sesuai dengan EyD terdapat pada kalimat
nomor ....
A.
1) D.
4)
B.
2) E.
5)
C.
3)
2. Bacalah
paragraf berikut dengan seksama !
Selain kekurangan tenaga akuntansi dan keuangan, beberapa daerah di Indonesia
juga kekurangan guru profesional. Makna istilah profesional pada paragraf di atas adalah
....
A.
hasil kerja
B.
mempunyai profesi
C.
berkepandaian khusus
D.
tidak amatir
E.
bidang pekerjaan
3. Bacalah
paragraf berikut!
1) Tiga wakil Indonesia di ajang kejuaraan
antarklub se-Asia tinggal menyisakan satu pertandingan terakhir di babak
penyisihan grup. 2) Arema FC sudah memastikan berada di dasar klasemen Grup G
Piala AFC (AFC Cup) 2011. 3) Arema FC hanya mampu sekali bermain imbang dalam
lima pertandingan yang sudah dijalani. 4) Sementara itu, hasil berbeda diterima
Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. 5) Persipura sudah memastikan diri lolos
ke babak 16 Besar Piala AFC 2011, sedangkan Sriwijaya FC berada di posisi
ketiga grup.
Kalimat yang menggunakan kata
bersinonim ditandai dengan nomor ....
A.
1) D.
4)
B.
2) E.
5)
4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1)
Keterbatasan kemampuan fisik bukan berarti tidak dapat berprestasi. 2) Banyak anak
yang tergolong anak berkebutuhan khusus ternyata mempunyai segudang prestasi
atau keahlian. 3) Salah satu anak berkebutuhan khusus yang berprestasi adalah
Muhammad lqbal. 4) Meskipun lqbal buta, is mampu mewakili Lampung pada Festival
dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FL2LN) untuk pendidikan luar biasa di
Yogyakarta. 5) lqbal mampu bernyanyi dan memainkan alat musik organ.
Kata
yang berkonotasi negatif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor
....
A.
1) D.
4)
B.
2) E.
5)
C.
3)
5. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
1)
Kami sangat mengharapkan kehadiran
Saudara ke acara kami.
2)
Kak Bayu telah mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia.
3)
Bu Ratri telah melahirkan tadi pagi.
4)
Meskipun pejabat, ia akan tetap
dipenjara
5)
Wajah gadis yang berdiri di depan
gapura itu manis sekali
Kata yang mengalami
perubahan makna menyempit terdapat
pada kalimat …
A.
1 ) C.
3) E. 5)
B.
2) D.
4)
H.
Menentukan kalimat tanya
yang sesuai dengan konteks
|
Sebuah teks
mengungkapkan suatu hal atau masalah. Hal atau masalah yang terdapat dalam teks
dapat dibuat sebuah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks.
Kalimat tanya
dibedakan menjadi berbagai jenis. Kalimat tanya dapat dibedakan menjadi kalimat
tanya biasa, tanya retoris, kalimat tanya bertujuan untuk klarifikasi atau
konfirmasi, dan kalimat tanya tersamar.
Kalimat tanya biasa
merupakan kalimat tanya meminta penjelasan atau menggali informasi. Kalimat
tanya retoris merupakan kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban atau tidak
mengharuskan adanya jawaban. Kalimat tanya retoris cenderung bersifat
pernyataan hanya untuk mencari perhatian atau bermaksud memberi semangat,
gugahan, atau kritik. Kalimat tanya retoris sering digunakan dalam pidato-pidato.
Kalimat tanya yang bertujuan untuk mengonfirmasi atau mengklarifikasi
menggunakan kata tanya dengan partikel -kah, misalnya benarkah, akankah,
sudahkah, dan lain-lain. Kalimat tanya klarifikasi adalah kalimat tanya yang
memerlukan jawaban ya, tidak, atau bukan. Kalimat tanya tersamar
adalah kalimat yang berisi pertanyaan yang diajukan secara tidak langsung,
bukan untuk menggali informasi, klarifikasi, dan konfirmasi, melainkan
mengandung maksud-maksud lain. Kalimat tanya tersamar dapat mengandung maksud memohon,
meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, mengejek, meyakinkan,
menyetujui, menyanggah, dan menawarkan sesuatu.
Contoh Soal
1. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Pada
tahun 2012 pelancong luar negeri yang datang ke Indonesia diprediksi akan
mencapai 8 juta orang. Target tersebut naik 3,9% dibandingkan target tahun
2011, yakni sebesar 7,7 juta wisatawan. Nia Niscaya, Direktur Jenderal Promosi
Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf), berpendapat
kenaikan tersebut disebabkan oleh peningkatan promosi pariwisata Indonesia.
Tidak menutup kemungkinan, target tahun 2012 tersebut bisa tercapai. Survei
Minat Wisata Global 2011 menunjukkan, 4,25% pelancong global ingin mengunjungi
Indonesia dalam dua tahun mendatang. Riset dilakukan PT Visa Worldwide
Indonesia terhadap 11.620 responder dari 23 negara.
Kalimat tanya yang
jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Berapa
jumlah pelancong luar negeri yang datang tahun 2012?
B. Bagaimana
persiapan Pemerintah untuk menyambut kedatangan pelancong luar negeri?
C. Apa
upaya Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki sarana prasarana pariwisata
Indonesia?
D. Bagaimana
hasil Survei Minat Wisata Global 2011 ?
E.
Apa yang menyebabkan wisatawan luar
negeri tertarik datang ke Indonesia?
2. Perhatikan paragraf berikut ini!
Tidak
hanya barang-barang China yang beredar di pasar Indonesia. Barang-barang
Indonesia pun kini menyerbu negeri Tirai Bambu. Bahkan, untuk pertama kalinya,
ekspor Indonesia ke China lebih tinggi jika dibandingkan dengan impor Indonesia
dari China. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia
dengan China mengalami surplus US$106,9 juta.
Kalimat tanya berikut
ini yang berbentuk klarifikasi adalah ...
A.
Mengapa ekspor Indonesia ke China lebih
tinggi daripada impor Indonesia dari China?
B.
Bagaimana kondisi ekspor Indonesia saat
ini?
C.
Benarkah ekspor Indonesia ke China
lebih tinggi daripada impor Indonesia dari China?
D.
Berapa surplus ekspor-impor Indonesia
dengan China menurut BPS?
E.
Apa saja barang yang diekspor Indonesia
ke China?
I.
Menentukan kalimat yang
berbentuk opini/fakta dalam paragraf
|
Kalimat yang digunakan
dalam paragraf atau bacaan dapat berupa fakta dan opini. Fakta merupakan
sesuatu atau hal yang benar-benar terjadi. Semua orang akan mengatakan
pernyataan yang sama terhadap sebuah fakta. Lawan dari fakta adalah pendapat
(opini).
Pendapat (opini)
merupakan gagasan, ide, atau pemikiran seseorang terhadap suatu peristiwa, hal,
atau masalah. Pendapat seseorang terhadap suatu masalah, hal, atau peristiwa
dapat berbeda dari pendapat orang lain.
Contoh Soal
1. Perhatikan paragraf berikut!
1)
Pertumbuhan permintaan pasar sepanjang tahun ini tidak hanya terjadi pada pasar
sepeda motor. 2) Pertumbuhan ekonomi dan industri juga berdampak pada bisnis
penyewaan sepeda motor bagi korporasi. 3) PT Wahanaartha Motorental (Motorent)
yang bergerak di bidang penyewaan sepeda motor business to business (B2B)
pada tahun 2011 ini merealisasikan penyewaan sebesar- 10.396 unit. 4) Titi
Pramudya, Direktur PT Wahanaartha Motorental, menjelaskan pertumbuhan tahun ini
disebabkan oleh semakin berkembangnya perekonomian negara. (5) Hal ini
menyebabkan sektor industri menjadi semakin bergairah sehingga memempengaruhi
permintaan sewa sepeda motor dari perusahaan.
Kalimat yang berupa
fakta dalam paragraf ditunjukkan oleh kalimat nomor …
A. 1) D. 4)
B. 2) E. 5)
C. 3)
2.
Perhatikan paragraf berikut!
Semburan
Baru Muncul di Mindi
Semburan
lumpur, air, dan gas baru keluar dari halaman belakang rumah salah seorang
penduduk, warga Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu
merupakan semburan ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.
Menurut
seorang ahli dan Leader Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas
berbahaya di sekitar pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar
sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar.
Kalau dibiarkan semburan itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan,
hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan. Opini dalam teks tersebut adalah ...
A. Semburan
liar itu terjadi di halaman rumah seorang warga.
B. Semburan
liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya.
C. Semburan
itu merupakan semburan yang ke-59.
D. Rumah
warga yang terkena semburan terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten
Sidoarjo.
E. Hari
ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kilogram semen.
J.
Menentukan makna ungkapan
dan peribahasa
|
Peribahasa
adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan
makna tertentu. Peribahasa biasa digunakan untuk menyindir atau memperindah
bahasa. Kata-kata dalam peribahasa merupakan susunan yang pasti dan tidak bisa
diubah. Bentuk pribahasa sebagai berikut :
1. Pepatah
adalah jenis peribahasa yang berisi nasihat atau ajaran orang tua.
Contoh :
a. Air
tenang menghayutkan berarti orang pendiam, tetapi banyak ilmu.
b. Setinggi-tinggi
bangau terbang, hinggapnya ke kubangan juga berarti walaupun ke mana juga
seseorang pergi, kelak tentu kembali ke negeri sendiri.
2. Perumpamaan adalah jenis peribahasa yang
berisi perbandingan yang menggunakan kata seperti, sebagai, bak, bagai, atau
laksana.
Contoh:
a. Seperti
pungguk merindukan bulan berarti mengharap-harapkan sesuatu yang tidak mungkin
tercapai.
3. Pemeo
adalah jenis peribahasa yang dijadikan semboyan.
Contoh:
a.
Berat sama dipikul, ringan sama
dijinjing berarti seia sekata, senasib sepenanggungan.
b.
Patah sayap, bertongkat paruh berarti
tidak putus asa.
4. Ungkapan
adalah kelompok kata atau berarti gabungan kata yang menyatakan makna khusus.
Contoh:
a. Merah
telinganya berarti panas hatinya.
b. Sakit
hati berarti dendam.
Contoh
Soal
1.
Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama!
Rio
baru saja kehilangan ibu yang sangat ia cintai. Padahal, Rio belum membalas
segala kebaikan yang telah diberikan ibu kandungnya tersebut. Satu bulan
sebelum kematian ibunya, Rio berjanji akan membelikan ibunya sebuah rumah. Akan
tetapi, belum sampai Rio memenuhi janji tersebut, ibunya sudah dipanggil oleh
Yang Kuasa. Seminggu setelah kematian ibunya, Rio ditipu oleh rekanan
bisnisnya. Uang yang seharusnya digunakan untuk membeli rumahpun hilang. Nasib
Rio seperti sudah jatuh ditimpa tangga
pula.
Makna peribahasa yang
terdapat dalam paragraf di atas adalah ...
A.
Hal yang sudah dijanjikan ditarik
kembali.
B.
Terkena tipu oleh orang yang dipercaya.
C.
Mengalami kesedihan yang berkepanjangan.
D.
Menemui kemalangan berturut-turut.
E.
Melakukan pekerjaan yang sia-sia.
2. Bacalah ilustrasi berikut dengan
saksama!
Derita yang dialami Indah Permata
Ningrum, balita penderita dermatitis (radang kulit), kian menyedihkan. Kedua
orang tuanya sudah lepas tangan dan tidak mau mengurus anaknya lagi. Dengan
kondisi sakitnya yang bertambah parah, Indah membutuhkan pertolongan dari
dermawan.
Saat ini Indah hidup bersama neneknya,
Suli. Penghasilannya sebagai pencari rumput, tidak memungkinkan Suli untuk membiayai
perawatan Indah di poli anak sebagaimana yang dianjurkan dokter.
Makna
ungkapan lepas tangan dalam paragraf
di atas adalah ....
A.
tidak ikut campur
B.
kehilangan tangan
C.
tidak bertanggung jawab
D. sudah
merasa bosan
E. bertindak
sewenang-wenang
2.
Perhatikan lirik lagu berikut!
Tentang Sebuah Kisah
Cinta itu butuh
pengorbanan hati
Dan cinta tak butuh
waktu yang sesaat jika kita bertahan
Cinta itu milik kita
Jika cinta dasar dari
semua ini
Hadapilah segalanya
Dengan lapang dada
Meski pahit di sana
Karya: Band Kerispatih
Makna ungkapan lapang
dada dalam lirik lagu adalah ...
A. sombong D. gelisah
B. senang E. sabar
C. takut
K.
Menentukan tema dan majas
dalam puisi
|
Puisi
merupakan bentuk karya sastra yang terikat oleh rima, ritme, ataupun jumlah
baris dalam bait, serta ditandai oleh bahasa yang padat. Puisi disusun oleh
unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik puisi meliputi unsur isi dan
unsur bentuk.
Unsur-unsur isi puisi
sebagai berikut.
1. Tema
Tema adalah gagasan
pokok (subject matter) yang diungkapkan oleh penyair melalui puisinya. Tema
yang terdapat pada puisi misalnya tema ketuhanan kemanusiaan, patriotisme,
cinta tanah air, kasih sayang, kerakyatan, dan pendidikan.
2. Nada
dan Suasana
Nada
mengungkapkan sikap penyair terhadap pembaca. Dari sikap itu terciptalah
suasana puisi. Ada puisi yang bernada sinis, protes, menggurui, memberontak,
main-main, serius, patriotik, takut, mencekam, santai, dan khusyuk.
3. Perasaan
Puisi mengungkapkan
perasaan penyair. Nada dan perasaan penyair akan dapat diketahui apabila dibaca
keras dalam poetry reading atau deklamasi. Perasaan yang menjiwai puisi
bisa perasaan gembira, sedih, terharu, terasing, tersinggung, kecewa, sombong,
cemburu, kesepian, dan menyesal.
4. Amanat
Amanat
merupakan pesan atau nasihat yang berupa kesan yang ditangkap pembaca setelah
membaca puisi. Amanat dirumuskan sendiri oleh pembaca. Cara menyimpulkan amanat
puisi sangat berkaitan dengan cara pandang pembaca terhadap suatu hal. Meskipun
ditentukan berdasarkan cara pandang pembaca, amanat tidak bisa terlepas dari
terra dan isi puisi yang dikemukakan penyair.
Unsur-unsur
bentuk puisi sebagai berikut.
1 Larik
Kalimat yang ada dalam puisi.
2 Bait
Kumpulan larik atau baris.
3 Pertautan antarbait
Hubungan antarbait.
4. Rima
Persamaan bunyi.
5. Diksi
Pilihan kata.
6. Pengimajian
Hal yang berhubungan dengan pancaindra.
Puisi
merupakan genre sastra yang sering menggunakan kata-kata kias (imajinatif).
Pilihan kata yang khas bertujuan memberi kekuatan pengucapan pada puisi.
Kata-kata yang dipilih penyair adalah kata-kata yang memiliki persamaan bunyi
(rima). Penyair juga menggunakan majas dalam menyampaikan maksud puisi.
Majas
atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang dalam mempergunakan
bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam
di dalam jiwanya.
Macam-macam majas dibedakan menjadi majas perbandingan,
sindiran, penegasan, dan pertentangan.
1.Majas perbandingan dibedakan sebagai berikut.
a.
Simile
Majas simile
menyamakan satu hal dengan mempergunakan kata-kata pembanding: seperti, bagai,
sebagai, bak, semisal, dan seumpama.
Contoh :
Mereka selalu
bertengkar bagai anjing dengan kucing
b.
Metafora.
Metafora seperti majas
perbandingan, hanya tidak mempergunakan kata-kata pembanding.
Contoh
-
Raja siang mengiringi pengajian itu
-
Aku ini binatang jalang
c.
Alegori
Majas perbandingan
yang memperlihatkan suatu perbandingan utuh, perbandingan itu membentuk
kesatuan yang menyeluruh (cerita kiasan).
-
Berhati-hatilah kamu mendayung bahtera
hidupmu, mengarungi lautan penuh bahaya, batu karang, gelombang dan badai …
d.
Personifikasi
Majas yang menyamakan
benda dengan manusia, benda-benda mati dibuat dapat berperilaku, berpikir, dan
sebagainya seperti manusia.
Contoh :
-
Angin berbisik-bisik di kegelapan malam
e.
Metonimia
Majas perbandingan
yang menggunakan merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang
dipergunakan atau dikerjakan sehingga kata itu berasosiasi dengan benda
keseluruhan. Metonimia disebut juga kiasan pengganti nama.
-
Kakak sedang menghisap Sampoerna
f.
Sinekdok
Majas yang menyebutkan
suatu bagian yang penting suatu benda (hal) untuk benda atau hal itu sendiri.
Majas sinekdok ada 2
1) Pars
Proto (sebagian objek untuk menunjukkan
keseluruhan)
-
Sudah lama tidak kelihatan batang
hidungnya
2) Totem
Proto (keseluruhan untuk menunjukkan
sebagian)
-
Dalam kesebelasan itu Indonesia unggul 3 – 0 melawan Thailand
g.
Eufemisme (ungkapan pelembut). Majas
perbandingan yang melukiskan suatu benda dengan kata-kata yang lebih lembut
untuk menggantikan kata-kata lain, yang lebih santun sehingga tidak
menyinggung orang lain.
-
Orang itu kini telah berubah akal
(gila)
-
Pramuniaga melayani pelanggannya
(penjaga toko)
h.
Hiperbola
Majas perbandingan
yang melukiskan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya
dengan kata-kata yang lebih hebat pengertiannya untuk menyangatkan arti.
-
Rintihannya tersebar selebar 7 desa
i.
Simbolik
Majas perbandingan
yang melukiskan sesuatu dengan memperbandingkan benda-benda lain sebagai
simbol atau perlambang.
-
Bunglon adalah orang yang tidak punya pendirian
j.
Litotes
Majas perbandingan
yang melukiskan keadaan dengan kata-kata yang berlawanan artinya dengan
kenyataan yang sebenarnya guna merendahkan diri.
-
Terimalah barang yang tidak berharga
ini
k.
Alusio
Majas perbandingan
dengan mempergunakan ungkapan, peribahasa, atau kata-kata yang artinya
diketahui umum.
-
Setiap usaha selayaknya harus
berakit-rakit ke hulu.
2. Majas
sindiran dibedakan sebagai berikut.
a. Ironi
Majas sindiran yang
melukiskan sesuatu yang menyatakan sebaliknya dari apa yang sebenarnya dengan
maksud untuk menyindir orang.
-
Kota itu sangatlah indah dengan
sampah-sampahnya
b. Sinisme
Gaya sindiran dengan
menggunakan kata-kata sebaliknya seperti ironi, tetapi kasar.
-
Sarannya merdu terasa dan memecahkan telinga
c. Sarkasme
Majas sindiran yang
terkasar serta langsung menusuk perasaan.
-
Mampus kamu, manusia tidak tahu diri
3. Majas
penegasan dibedakan sebagai berikut.
a. Pleonasme
Majas penegasan yang
menggunakan sepatah kata yang sebenarnya tidak perlu dikatakan lagi karena
arti kata tersebut sudah terkandung dalam kata yang diterangkan.
Contoh: Peristiwa itu ku saksikan dengan mata dan kepalaku sendiri
b. Repetisi
Majas penegasan yang
melukiskan sesuatu dengan mengulang kata atau beberapa kata berkali-kali, yang
biasanya dipergunakan dalam pidato.
Contoh: Pengangguran itu setiap hari hanya mabuk, mabuk dan mabuk.
c. Paralelisme
Majas penegasan
seperti reptisi, tetapi dipakai dalam puisi.
Paralelisme dibagi
dalam dua jenis:
1. Anafora
: bila frasa atau kata yang diulang
terletak di awal kalimat
Aku manusia
Rindu rasa
Rindu rupa
2. Epifora
: bila kata atau frasa yang diulang terletak di akhir kalimat
Kalau
kau mau, aku akan datang
Jika
kau hendaki, aku akan datang
Bila
kau minta, akau akan datang
d. Tautologi
Majas
penegasan yang melukiskan sesuatu dengan
menggunakan yang sama artinya (bersinonim) untuk mempertegas arti.
Contoh:
Siapa orangnya yang tidak tertarik dengan pribadi yang disiplin, jujur, dan
amanah.
e. Klimaks
Majas
pertentangan dengan menyatakan beberapa hal
berturut-turut dengan menggunakan uturutan kata –kata yang makin lama
makin memuncak pengertiannya.
Contoh:
Kesengsaraan membuahkan kesabaran, pengalaman, dan kesuksesan.
f. Anti
klimaks
Majas
pertentangan dengan beberapa hal
berturut-turut dengan menggunakan uturan
kata-kata yang makin lama makin melemah pengertiannya.
Contoh:
Toko itu menyediakan kebutuhan orang tua, remaja, anak-anak, dan balita.
g. Retorik
Majas
mempergunakan kalimat Tanya yang
sebenarnya tidak memerlukan jawaban karena sudah diketahuinya.
Contoh:
Inikah yang dinamakan cinta?
4.Majas pertentangan dibedakan sebagai berikut
a. Antitesis
Majas
pertentangan yang melukiskan sesuatu dengan
mempergunakan kepaduan kata yang berlawanan arti
Kaya
miskin, tua muda, besar kecil, semua adalah mahluk Tuhan
b. Paradoks
Majas
pertentangan yang melukiskan sesuatu seolah-olah bertentangan, padahal maksud
sesungguhnya tidak karena objeknya berlainan.
Dia
besar tetapi nyalinya kecil
Contoh
Soal
1.
Bacalah puisi berikut dengan saksama
Apakah yang kupunya,
anak-anakku
Selain buku dan
sedikit ilmu
Sumber pengabdian
kepadamu
Kalau di hari Minggu
kau datang ke rumahku
Aku takut anak-anakku
Kursi tua yang disana,
Dan meja tulis yang
sederhana
Dan jendela-jendela
yang tidak pernah diganti kainnya
Semua padamu yang akan
bercerita
Tentang hidupku di
rumah tangga
Tema
puisi tersebut adalah …
A. Pengabdian
seorang guru terhadap murid-muridnya
B. Penderitaan
dan kemiskinan seorang guru
C. Ketakutan
seorang guru karena kedatangan murid-muridnya
D. Kebahagiaan
seorang guru atas kedatangan
murid-muridnya
E. Cerita
seorang guru tentang murid-muridnya
2. Bacalah puisi berikut dengan saksama
Dia yang
bergentayangan di jalan malam
Tergoda kepada megah
perempuan
Tetapi selalu berujung
kepada ketidak berdayaan
Dan Tuhan ? Selalu
hadir tepat pada saat dibutuhkan
Bahkan si penggoda
yang ngerasa pongah
Ini gagah berjalan di
jalan-jalan yang salah
Dia terima, menjelma
menjadi kurcaci di telapak tangan-Nya
Diberikan kehangatan
lalu dia pulang pada kehangatan
Tema
puisi tersebut adalah
A. Orang
yang gentayangan pada malam hari
B. Ketidakberdayaan
manusia
C. Kepongahan
manusia pendusta
D. Orang
yang merasa gagah di jalan yang salah
E. Ketentraman
karena kehadiran
3. Bacalah penggalan puisi berikut
dengan cermat
Puisi dengan penuh
rasa kawatir, curiga dan pencemburu menyaksikan dedaunan, pepohonan, unggas,
ikan, cuaca, zat asam, susunan sarat, sungai, danau, lautan.
Bercakap serak dan
gagu dengan sesamanya.
Majas yang
dominan dalam penggalan puisi tersebut
adalah …
A. Metafora
D. Hiperbola
B. Anafora
E. Eufemisme
C. Personifikasi
L.
Menentukan amanat
cerpen/nobel
Menentukan latar dan
tahapan alur novel / roman
|
Cerpen merupakan
cerita yang memiliki alur atau jalan peristiwa
yang pendek. Cerpen biasanya mengulas satu sisi baik tokoh. Sementara itu,
novel merupakan cerita yang mengisahkan
konflik pelaku sehingga terjadi perubahan nasib tokoh. Unsur instrinsik cerpen
sama dengan unsur instrinsik novel. Perbedaannya terletak pada alur novel yang
lebih kompleks.
Unsur instrinsik
merupakan unsure yang membangun cerita
dari dalam. Unsur instrinsik cerpen dan novel sebagai berikut.
1.
Tema :
pokok pikiran pengarang atau inti sari cerita
2.
Amanat : pesan yang disampaikan
pengarang
3.
Alur : rangkaian peristiwa yang membentuk cerita dasar
hubungan sebab akibat.
4.
Perwatakan/penokohan : cara pengarang
menggambarkan watak tokoh
5.
Latar : keterangan tempat, waktu dan
social
6.
Gaya bahasa :corak bahasa yang
digunakan
7.
Sudut pandang : cara pandang pengarang
dalam membawakan cerita
8.
Konflik : masalah ynag terdapat dalam cerita
Konflik berkaitan erat
dengan peristiwa. Konflik merupakan kejadian
untuk pengembangan plot. Konflik ditentukan oleh kehadiran masalah dalam
cerita. Masalah tersebut membuat cerita menjadi hidup.
Karakter tokoh dapat
digambarkan dengan dua cara sebagai berikut.
1.
Teknik analitik, karakter tokoh diceritakan langsung oleh pengarang
2.
Teknik dramatik, karakter tokoh dikemukakan melalui:
a. Penggambaran
fisik dan prilaku tokoh
b. Penggambaran
lingkungan kehidupan tokoh
c. Penggambaran
tata kebahasaan
d. Pengungkapan
jalan pikiran tokoh
e. Penggambaran
oleh tokoh lain dan
f. Penggambaran
melaui dialog tokoh.
Sudut pandang
dibedakan menjadi tiga macam:
1. Sudut
pandang persona ketiga (dia)
a. Dia
serba tahu
b. Dia
pengamat
2. Sudut
pandang persona pertama (aku)
a. Aku
tokoh utama
b. Aku
tokoh tambahan atau sampingan
3. Sudut
pandang campuran (dia dan aku)
Contoh
Soal
1. Cermati
pengalaman berita berikut !
Kebahagiaan yang telah didapatkannya
membuat Kiplik merasa mendapatkan
kekayaan tak ternilai, dan karena itulah kemudian iapun selalu ingin
membaginya. Setiap kali ia berhasil membagikan
kekayaan itu, kebahagiaanya bertambah, sehingga semakin sering Kiplik
menemui banyak orang dan mengajarinya cara berdoa yang benar.
Amanat
yang disampaikan pengarang dalam
penggalan cerita di atas adalah …
A.
Perlunya mengajari orang lain cara berdoa yang benar
B.
Kebahagiaan harus dibagikan kepada
orang lain
C.
Kebahagiaan akan bertambah dengan
sendirinya
D.
Seringlah menemui orang-orang
E.
Kebahagiaan akan sering diperoleh jika
sering berinteraksi dengan orang lain.
2. Bacalah
pengalaman novel berikut !
…
Pictures
of you-nya the cure terdengar lembut
dari tape mobil lan disepanjang Jalan
Diponegoro, Menteng. Ditemani lampu jalan kekuningan yang redup dan tanpa
sengaja berbagai warna-warni lampu mobil serta hiasan jalan. Aspal yang basah
sehabis hujan menimbulkan pantulan
cahaya kuning pendar yang enak dilihat.
Tahapan
alur penggalan novel di atas adalah …
A.
Pengenalan cerita
B.
Pengungkapan peristiwa
C.
Menuju pada konflik
D.
Puncak konflik
E.
Penyelesaian (ending)
3. Bacalah
penggalan novel berikut !
Aku urut seprainya, aku kibarkan selimut, dan aku
tepuk-tepuk bantal Randai. “Sudah, kasur sudah rapi, pasti enak kalau
ditiduri,” kataku sambil mengarahkan telapak tangan ke kasur, berbagaya seperti
petugas hotel berbintang berbungkuk-bungkut menyilahkan tamunya masuk.
Sudut pandang yang
digunakan pengarang tersebut adalah …
A. Aku
tidak terlibat dalam cerita
B. Aku
sebagai tokoh utama cerita
C. Aku
dan kakak sebagai orang yang bercerita
D. Kakak
sebagai pencerita
E. Tokoh
utama tidak terlibat dalam cerita
M.
Menentukan unsure
ekstrinsik novel
|
Unsur ekstrinsik adalah
unsur yang mendukung cerita dari luar, tetapi mempengaruhi cerita. Unsur ekstrinsik
antara lain riwayat pribadi pengarang,
nilai kehidupan masyarakat tempat karya
sastra diciptakan, religi, budaya, pendidikan pengarang, dan adat dalam
masyarakat.
Nilai-nilai dalam
karya sastra (cerpen dan novel) memiliki
pengertian sama. Nilai-nilai tersebut sebagai berikut.
Nilai moral, sosial, adat, pendidikan,
agama/religi.
Contoh
Soal
1. Bacalah
penggalan novel berikut !
Setiap habis maghrib Aral melantunkan ayat-ayat
suci Al Qur’an di bawah temaran lampu minyak dan saat itu seisi rumah kami
terdiam. Suaranya sekering rangas yang menusuk-nusuk malam. Ratap lirihnya
mengirisku, menyeretku ke sebuah gubuk di ladang tebu. Setiap lekukan tajwid
yang dilantunkan hati muda itu adalah
sayat kerinduan yang tak tertanggungkan
pada ayah-ibunya.
Unsure ekstrinsik yang tampak dalam
kutipan novel di atas adalah …
A. Riwayat
pribadi pengarang D.
budaya
B. Nilai
kehidupan masyarakat E.
pendidikan
C. Religi
2. Bacalah
penggalan novel berikut !
“Iya susah banget … sumpah!” mata Genta
menatap ke depan kosong. “Ya, tapi seenggaknya kita mencoba jangan sampai
sedikitpun kita KKN.”
“Kenapa? Zafran bertanya serius. Lan menjawab pertanyaanya
Zafran, karena kita dulu yang berteriak-teriak anti KKN, bukan? Masa kalo
saatnya kita jadi orang kantor atau punya bisnis sendiri, jadi manager atau
bahkan CEO kita juga KKN? Nah, teriakan-teriakan kita zaman reformasi itu buat
apa? Betul enggak, Ta?”
Nilai yang terkandung
dalam penggalan novel diatas adalah …
A. Adat
D. pendidikan
B. Sosial
E. moral
C. Ekonomi
N.
Menentukan isi naskah
drama dan perwatakan tokoh
|
Drama merupakan
jenis atau genre karya sastra yang
berbentuk percakapan. Unsure drama sebagai berikut.
1. Tema
yaitu inti cerita
2. Amanat
yaitu pesan yang ada dalam drama
3. Alur
yaitu rangkaian peristiwa dalam drama
4. Perwatakan
yaitu watak tiap-tiap tokoh
5. Konflik
merupakan masalah dalam drama
6. Percakapan
yiatu dialog para pemain
7. Tata
artistik yaitu setting panggung
8. Casting
yiatu pemilihan pemeran yang tepat
9. Acting
yaitu perilaku para pemain di panggung
Contoh
Soal
Maskun
|
:
|
Anak itu kian hari kian menjadi liar,
kau mesti peringatkan Suhita!
|
Mardilah
|
:
|
Ada apa dengan Suhita, Pak? Tadi pun
dia mengeluh karena kau marah lagi. Sudah saatnya kau berdamai dengannya.
|
Maskun
|
:
|
Dia yang harus berdamai dengan aku. (terdiam sejenak)Anak
itu seperti bukan anakku …
|
Mardilah
|
:
|
(Mardilah duduk tertunduk)
mengapa kau berperasaan seperti
begitu?
|
Maskun
|
:
|
(Berdiri menghela nafas) Tak tahu
aku. Mulut anak itu semakin berbau racun.
|
Inti penggalan naskah drama di atas
adalah …
A. Maskun
membenci Suhita karena bukan anaknya
B. Mardilah
membela Suhita karena dia anak mereka
C. Seorang
ayah marah dan tersinggung karena perbuatan anaknya.
D. Istri
yang takut kepada suaminya yang pemarah
E. Mardilah
ketakutan dituduh suaminya berbuat serong
Kompetensi 2
|
2.
Menulis
Menulis berbagai teks dalam konteks
bermasyarkat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif,
desktriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks, menyimpulkan isi
teks; menulis proposal, surat dan laporan.
|
A.
Menentukan penulisan
kata, pilihan kata dan ungkapan
|
Dalam menulis sebuah kalimat,
paragraf atau bacaan, seseorang harus pandai dalam pemilihan kata atau diksi
yang tepat. Pemilihan kata yang tepat akan membuat kalimat, paragraf, atau
bacaan tersebut jelas dan maksudnya dapat dimengerti orang lain. Diksi atau pilihan kata yang digunakan seseorang
harus dapat menyampaikan maksud orang tersebut. Selain itu menggunakan diksi
yang sesuai, kalimat, paragraf, atau bacaan
dapat menggunakan ungkapan.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
paragraph berikut !
Kegemukan terjadi karena akibat penumpukan lemak di perut,
pinggul, pantat, dan paha. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti pola makan yang buruk, kurang gerak dan factor genetis. Tidak perlu kawatir kini
hadir vormula khusus sebagai solusi
cerdas untuk mendapatkan berat badan yang ideal.
Penulisan factor dan vormula
yang tepat adalah ..
A. Pactor,
vormulasi
B. Paktor,
formula
C. Faktor,
formula
D. Vaktor,
vormulasi
E. Factor,
vormulasi
B.
Menentukan pikiran
penjelas, kalimat efektif, yang menyatakan hubungan perbandingan, dan
susunan topik karangan
|
Sebuah paragraf
memiliki pikiran utama, pikiran penjelas dan topik. Pikiran utama merupakan
pikiran yang mendasari sebuah paragraf. Pikiran penjelas merupakan pikiran yang
menjelaskan atau mendukung pikiran utama
dalam mengembangkan paragraf atau
karangan. Topik merupakan masalah atau hal yang dibicarakan dalam paragraph atau karangan.
Kalimat yang baik atau
efektif mempunyai ciri sebagai berikut.
1. Kepadanan
a.
Memiliki S dan P dengan jelas (di depan S tidak boleh ada kata
depan dan di depan P tidak boleh ada kata penghubung yang)
b.
Tidak boleh terdapat S ganda
c.
Kata penghubung intra kalimat tidak
dipakai dalam kalimat tunggal.
2. Keparalelan
Persamaan
bentuk kata digunakan dalam kalimat yang mengandung perincian.
3. Kehematan
Kehematan
menggunakan kata atau frase
a.
Menghindarkan penjamakan bentuk jamak
b.
Penggunaan kata-kata yang berlebihan
4. Kepaduan
Hindari
kalimat bertele-tele
5. Kecermatan
Kecermatan
pemakaian kata, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
topik dan kalimat penjelas berikut !
Topik
: Negara Indonesia terus membangun
Kalimat
penjelas
1) Usia
Indonesia yang sudah 67 tahun dianggap
usia dewasa, tetapi tetap harus berbenah diri
2) Daerah-daerah
di Indonesia menyimpan banyak sejarah.
3) Pembangunan
di setiap daerah harus mengacu potensi daerah dan rencana daerah nasional.
4) Tahun-tahun
terakhir ini pariwisata mengalami kemrosotan pengunjung karena adanya teroris.
5) Sumber
daya manusia harus terus ditingkatkan
menjadi profesionalisme.
Kalimat penjelas yang
tidak sesuai dengan topik terdapat pada
kalimat …
A. 1),
2) dan 3) D. 2), 4) dan 5)
B. 1),
3) dan 5) E. 3), 4) dan 5)
C. 2),
3) dan 4)
2. Bacalah
tek berikut dengan seksama !
1)
Masyarakat Banten yang terheran-heran,
Syarifuddin Prawiranegara diangkat sebagai pahlawan nasional atas usul
pemerintah Banten. 2) Banyak sejumlah masyarakat Banten beranggapan Syarifudiin
merupakan orang Minangkabau, Sumatra. 3) Padahal sebenarnya pria yang akhirnya
ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 8 Nopember 2011 ini kelahiran Banten.
4) Syarifuddin lahir di Anyer Kidul, Serang, Banten pada 28 Februari 1911.
Kalimat tidak efektif
pada paragraf diatas ditandai nomor …
A. 1)
dan 2) D. 2) dan 4)
B. 1)
dan 3) E. 3) dan 4)
C. 2)
dan 3)
C.
Menentukan tujuan, jenis
kegiatan, dan sistematika penulisan proposal
|
Proposal merupakan
rencana kegiatan yang dituangkan dalam rancangan kerja. Proposal terdiri atas unsur-unsur
berikut.
1. Latar
belakang atau dasar pemikiran (berisi dasar pemikiran, alasan,
pertimbangan, dan pentingnya pelaksanaan
program)
2. Tujuan
dan manfaat (berisi rumusan tujuan yang hendak dicapai dan manfaat atas
kegiatan yang akan dilakukan)
3. Kegiatan
(berisi perincian dan tahap-tahap kegiatan yang akan dilakukan). Kegiatan ini
meliputi kegiatan awal (persiapan), pelaksanaan, evaluasi/pelaporan (setelah
kegiatan)
4. Jadwal kegiatan (berisi waktu pelaksanaan baik
itu hari, tanggal, pukul, maupun tempat kegiatan).
5. Panitia
pelaksana (berisi orang-orang yang bertanggung jawab sebagai pelaksana
kegiatan).
6. Anggaran
(berisi dana yang diperlukan, sumber dana, dan penggunaan dana)
7. Penutup
(diakhiri dengan kalimat penutup, tanda tangan dan nama terang, serta jabatan
pembuatan proposal)
Contoh
Soal
1. Bacalah
penggalan proposal berikut dengan cermat!
Dalam
upaya meningkatkan perekonomian bangsa, pihak Pemerintah menggalakkan
pengembangan ekonomi kreatif melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK
merupakan salah satu elemen pendidikan yang mendukung pengembangan ekonomi
kreatif. Dalam ekonomi kreatif, pengembangan kreativitas dan bakat individu
diarahkan untuk menciptakan produk kreatif sehingga memberikan nilai tambah dan
kesejahteraan bagi masyarakat. SMK diharapkan mampu mengembangkan sumber daya
manusia serta diminta dapat memberi pembelajaran bisnis dalam bidang-bidang
kreatif.
Tujuan proposal di
atas adalah ...
A.
Pengembangan ekonomi kreatif dimulai
dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
B.
Pengembangan ekonomi kreatif tidak
terlalu penting untuk siswa SMK.
C.
SMK merupakan salah satu elemen
pendidikan pendukung pengembangan ekonomi kreatif.
D.
SMK diharapkan mampu mengembangkan
sumber daya manusia melalui ekonomi kreatif.
E.
Pengembangan kreativitas dan bakat
individu diarahkan untuk menciptakan produk kreatif.
2.
Perhatikan kutipan proposal
berikut!
Tujuan diadakannya Diklat Kewirausahaan
di Kelurahan Sukoharjo ini adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian
masyarakat di Kelurahan Sukoharjo. Diklat ini juga dapat menjadi ajang diskusi
antara masyarakat dengan orang yang ahli di bidang kewirausahaan. Oleh karena
itu, kami berharap acara ini dapat menjadi suatu hat yang positif bagi
masyarakat di Kelurahan Sukoharjo.
Kutipan proposal di
atas merupakan bagian …
A. Latar
belakang
B. Tujuan
kegiatan
C. Kegiatan
D. Tempat
kegiatan
E. Anggaran
D.
Menentukan penulisan
bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat surat
balasan yang santun
|
Surat
terdiri atas beberapa unsur. Unsur- unsur yang terdapat dalam surat resmi dan
surat pribadi berbeda. Unsur-unsur yang terdapat dalam surat resmi sebagai
berikut.
1.
Kop surat merupakan identitas singkat
perusahaan, kantor, atau instansi.
Kepala surat berguna
untuk memberikan informasi kepada penerima surat tentang nama, alamat, serta keterangan
lain yang berkaitan dengan instansi atau badan pengirim surat.
2.
Tanggal surat menunjukkan tanggal surat
tersebut dibuat.
Tanggal surat dinas
tidak perlu didahului nama kota karena nama kota itu sudah tercantum pada
kepala surat.
3.
Nomor surat.
Nomor surat adalah
urutan nomor surat yang telah dikeluarkan oleh instansi atau organisasi
tersebut. Kode surat adalah kode klasifikasi masalah yang disampaikan dalam
surat tersebut, sedangkan tahun yang tertera pada nomor surat menunjukkan tahun
surat itu dibuat. Nomor surat ditulis dengan dipisahkan tanda garis miring.
4. Lampiran
berarti sesuatu yang dilampirkan atau yang disertakan. Lampiran ini menjadi
satu urutan dengan nomor surat dan hal surat.
Lampiran
surat ditulis secara jelas agar penerima surat segera mengetahui ada tidaknya
sesuatu yang dilampirkan bersama surat tersebut. Jika sebuah surat tidak ada
lampirannya, setelah nomor surat, tidak perlu dituliskan lampiran. Agar lebih
jelas, perhatikan contoh berikut ini!
Lampiran : 1 (satu)
Berkas Bio Data Karyawan
Lampiran : 2 (dua)
Eksemplar Buku Teks
Lampiran : 3 (tiga)
Helai Kuitansi
5. Hal
atau perihal surat.
Bagian surat ini
berfungsi untuk mengetahui isi atau inti pokok masalah pada surat yang
dikirimkan, tanpa harus membaca surat tersebut secara keseluruhan.
Perhatikan contoh
berikut ini!
Perihal: Laporan
Semester Genap
Perihal: Bantuan
Tenaga Peneliti
6. Alamat surat yang dimaksud pada bagian ini
adalah alamat tujuan pengiriman surat.
Penulisan alamat (dalam) surat diatur
sebagai berikut.
a. Alamat
yang dituju ditulis di sebelah kiri surat pada jarak tengah antara hal surat
dan salam pembuka. Posisi alamat surat pada sisi sebelah kiri
b. Alamat
surat tidak diawali kata kepada karena
kata tersebut berfungsi sebagai penghubung intrakalimat yang menyatakan arah.
c. Alamat
yang dituju diawali dengan Yth. (diikuti titik) atau Yang terhormat (tidak
diikuti titik).
d. Sebelum
mencantumkan nama orang yang dituju, cantumkan sapaan Ibu, Bapak, Saudara, atau
Sdr.
e. Jika
nama orang yang dituju 'bergelar akademik yang ditulis di depan namanya,
seperti Drs., Ir., dan Drg., kata sapaan Bapak, Ibu, atau Saudara tidak
digunakan.
Perhatikan
contoh penulisan alamat yang benar!
Yth. Bapak Syakuro,
B.A.
Yth. Bapak Darwino
Yth. Ir. Mariani
Yth. Kepala Desa Taju
r
Yth. Kapten Sumo
f. Penulisan
kata jalan tidak disingkat.
7. Salam
pembuka (Dengan hormat, Bapak yang terhormat, dan lain-lain).
Penulisan salam pembuka
mengikuti aturan berikut: Salam pembuka dicantumkan di sebelah kiri satu garis
tepi dengan nomor, lampiran, hal, dan alamat surat. Huruf pertama awal kata
dituliskan dengan huruf kapital, sedangkan kata yang lain dituliskan kecil
semua, kemudian salam pembuka diikuti tanda koma.
8. Isi
surat berisi pokok atau pesan yang ingin disampaikan. .
Isi surat berisi
kalimat pembuka, isi, dan kalimat penutup surat.
9. Salam
penutup surat.
Huruf awal kata salam
penutup ditulis dengan huruf kapital, sedangkan kata-kata lainnya ditulis
kecil. Sesudah salam penutup, dibubuhkan tanda koma.
Contoh: Hormat saya,
Hormat kami,
10. Pengirim
surat berisi identitas pembuat surat.
Surat dinas dianggap
sah jika ditandatangani oleh pejabat yang berwewenang, yaitu pemegang pimpinan
suatu instansi, lembaga, atau organisasi.
11. Tembusan
disebut pula tindasan atau carbon copy.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
penulisan berikut ini!
No : 04/V/DW/09
Lamp. : (1)
lembar
Hal : Undangan
Penulisan nomor, lampiran, dan hal
surat tersebut yang tepat adalah ....
A.
Nomor :
04/V/DW/09
Lampiran : (1) lembar
Hal : Undangan Lomba
B.
Nomor :
04/V/DW/09
Lampiran : Satu lembar
Hal : Undangan Lomba
C.
Nomor :
04/V/DW/09
Lampiran : Satu (Lembar)
Hal : Undangan Lomba
D.
Nomor :
04/V/DW/09
Lampiran : 1 (satu) Lembar
Hal : Undangan Lomba
E.
Nomor :
04/V/DW/09
Lampiran : 1lbr
Hal : Undangan Lomba
2. Cermatilah
iklan lowongan pekerjaan berikut!
Dibutuhkan segera tenaga administrasi
sekolah
Persyaratan:
1) Pria/wanita, 2) Usia maks. 25, 3)Ijazah S M K/Sederajat, 4) Memiliki
ijazah komputer dan terampil menggunakannya.
Lamaran PO Box 10130 At
|
Kalimat pembuka surat
lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ...
A.
Berdasarkan iklan yang dimuat di Suara
Kita, 20 Maret 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga
administrasi sekolah.
B.
Sehubungan dengan iklan yang dimuat di Suara
Kita, 20 Maret 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi
lowongan tersebut.
C.
Berdasarkan dengan iklan yang tertera
di Suara Kita, saya merasa sangat cocok dengan pekerjaan tersebut dan
saya mengajukan lamaran ke alamat ini.
D.
Saya mengajukan surat lamaran pekerjaan
ini sesuai iklan di Suara Kita, 20 Maret 2011, dan saya merasa dapat
memenuhi persyaratannya.
E.
Mengacu terhadap iklan di Suara
Kita, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan
pekerjaan yang dibutuhkan.
3. Cermatilah
kalimat berikut !
Saya
berharap dapat diterima bekerja di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan budi baik
Bapak, saya menghaturkan banyak terima kasih.
Perbaikan
kalimat yang bercetak miring adalah …
A.
Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan
terima kasih.
B.
Atas budi baik Bapak, saya sampaikan
ucapan terima kasih.
C.
Atas diterimanya saya bekerja diperusahaan Bapak, saya ucapkan
terima kasih.
D.
Demikian surat lamaran saya, dan untuk
itu saya menyampaikan terima kasih.
E.
Dengan diterimanya saya bekerja, saya mengucapkan banyak terima kasih.
E.
Menentukan kalimat memo
|
Memo merupakan
singkatan dari memorandum. Memo merupakan pesan singkat yang resmi yang
dipakai dalam suatu instansi, lembaga, atau organisasi. Memo ditulis oleh
atasan kepada bawahan. Isi memo berupa pesan, saran, petunjuk, ataupun perintah
secara singkat, tetapi lengkap, jelas, dan efektif. Memo menggunakan kalimat
yang singkat dan jelas. Memo mengandung pokokpokok memo, meliputi pengirim
memo, penerima memo, dan isi memo.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
ilustrasi berikut!
OSIS SMK Taruna Bangsa
akan mengadakan acara pentas seni. Ketua OSIS meminta sekretaris OSIS membuat
undangan rapat untuk mempersiapkan acara pentas seni. Rapat akan diadakan pada
Sabtu, 14 Januari 2012, di ruang OSIS, pukul 14.00.
Memo yang tepat sesuai dengan ilustrasi
di atas adalah ...
A.
Segera siapkan undangan acara pentas seni
yang akan diadakan Sabtu, 14 Januari 2012, di ruang OSIS, pukul 14.00.
B.
Segera siapkan undangan rapat persiapan
acara pentas seni. Rapat diadakan Sabtu, 14 Januari 2012, di ruang OSIS, pukul
14.00.
C.
Mohon Sekretaris dengan segera
menyiapkan undangan rapat persiapan acara pentas seni. Rapat diadakan Sabtu, 14
Januari 2012, di ruang OSIS, pukul 14.00.Terima kasih.
D.
Siapkan undangan acara pentas seni
untuk kepala sekolah, guru, dan karyawan. Pentas seni, Sabtu, 14 Januari 2012,
di ruang OSIS, pukul 14.00.
E.
Mohon segera melaporkan undangan
persiapan acara pentas seni yang sudah dibuat. Rapat diadakan Sabtu, 14 Januari
2012, di ruang OSIS, pukul 14.00. Terima kasih.
F.
Menentukan isi surat
berita keluarga
|
Surat yang memuat
berita keluarga merupakan surat pribadi.
Ciri-ciri surat pribadi sebagai berikut
- Tidak menggunakan kop surat/kepala surat.
- Tidak menggunakan nomor surat.
- Salam pembuka dan penutup surat bervariasi.
4.
Penggunaan bahasa bebas, sesuai dengan
keinginan si penulis surat.
5.
Format surat bebas.
Contoh
Soal
1.
Perhatikan kutipan surat berikut!
Salam hormat dan
kangen buat ayah dan ibu dari anakmu. Bagaimana kabar ayah dan ibu di
Pekanbaru? Ananda berharap baik dan sehat selalu. Ananda dan keluarga di Bogor
juga sehat dan selalu dalam lindungan yang Mahakuasa. Melalui surat ini Ananda
memberitakan bahwa Ananda akan mengikuti kegiatan magang di pabrik pembuatan
motor. Oleh karena itu, Ananda tidak bisa pulang selama dua bulan. Ananda
memohon doa dari ayah dan ibu di rumah, agar Ananda selalu diberi kesehatan.
Surat
keluarga di atas berisi ...
A.
menanyakan kabar kedua orang tua
B. mengabarkan
kegiatan magang
C.
mengabarkan kesehatan ayah dan ibu
D.
mengirimkan beberapa uang
E.
memberi tahu hasil tes
G.
Melengkapi paragraf
sesuai dengan jenisnya
|
Paragraf dalam bahasa
Indonesia dibedakan menjadi lima jenis.
Macam-macam paragraf dalam bahasa Indonesia sebagai berikut.
1.
Paragraf Narasi
Paragraf
narasi adalah paragraf yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau
kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian itu.
2.
Paragraf Deskripsi
Paragraf
deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar
pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu.
3.
Paragraf Eksposisi
Paragraf
eksposisi adalah paragraf yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi.
Tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.
4.
Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi
adalah paragraf yang mengemukakan alasan,
contoh, dan
bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan.Tujuannya, untuk meyakinkan pembaca
sehingga mereka membenarkan pendapat, sikap, dan keyakinan kita.
5.
Paragraf Persuasi
Paragraf
persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk memengaruhi, mengimbau, membujuk,
atau merayu pembaca sehingga tergiur atau terpengaruh untuk mengikuti
keinginan penulis.
Sebuah
paragraf terkadang disajikan rumpang atau tidak lengkap. Sebuah paragraf
rumpang dapat dilengkapi dengan kata, frasa, atau kalimat. Kata, frasa, atau
kalimat yang digunakan untuk melengkapi paragraf rumpang harus sesuai dengan
isi paragraf.
Contoh Soal
1.
Cermatilah paragraf deskripsi
berikut!
Kali kecil di depan rumah temanku
terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali
tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik dan botol
plastik bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat laju aliran air atau
membuat air menggenang ....
Kalimat
deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.
Dari genangan air itu, tercium bau
busuk yang menyengat hidung.
B.
Ini kesalahan warga setempat yang
membuang sampah sembarangan.
C.
Kalau dibiarkan tentunya banjir akan
melanda wilayah itu pada musim hujan.
D.
Di sinilah perlunya pengadaan petugas
kebersihan yang senantiasa bertugas.
E. Dalam hal ini, bila terjadi banjir, tidak
ada yang dapat disalahkan.
2.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Beberapa tahun
terakhir ini, berbagai perkembangan telah terjadi di bidang teknologi
informasi. Perkembangan tersebut justru harus dilihat dari sisi positif. Kita
harus menyiasati berbagai kemungkinan untuk ikut memetik keuntungan dari
perkembangan teknologi informasi yang berkembang cepat dibandingkan
perkembangan masyarakat. Perkembangan ini pasti akan mengubah banyak hal dalam
masyarakat, mulai gaya hidup, kecenderungan mental, hingga ke pandangan hidup.
Oleh karena itu, ... .
Kalimat
persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
hendaknya kita mewaspadai perkembangan
teknologi informasi agar tidak berpengaruh negatif
B.
perkembangan itu hendaknya ditanggapi
dengan sikap positif
C.
remaja hendaknya tidak perlu mengikuti
perkembangan teknologi
D.
orang tua memperhatikan anaknya dalam
menghadapi teknologi informasi
E.
kita hendaknya bersikap positif dalam
menghadapi berbagai kasus
H.
Melengkapi bagian-bagian
surat kuasa
|
Surat kuasa merupakan
salah satu surat resmi. Surat kuasa berisi pemberian kuasa dari seseorang
kepada orang lain untuk melakukan sesuatu atau tugas. Surat kuasa dibuat dengan
bahasa yang singkat dan jelas, menyebutkan pihak yang diberi kuasa dan yang
memberi kuasa, serta mencantumkan masa berlaku surat kuasa tersebut. Orang yang
diberi kuasa akan memiliki kuasa untuk melakukan tugas atau wewenang yang
disebutkan sampai batas waktu yang tertera dalam Surat kuasa. Setelah batas
waktu yang ditentukan, surat kuasa tidak berlaku.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
kutipan Surat kuasa berikut!
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini:
Nama :
Fitri Cahya Utami,
No. KTP : 5578.0987.4367,
Alamat :
Jalan Pangeran Diponegoro 34, Semarang.
(........ )Pihak I memberi kuasa kepada:
Nama : Surya Aji Prasetya,
No. KTP : 5578.0876.4326,
Alamat : Jalan Kesuma Negara 67, Semarang.
Selanjutnya
disebut Pihak II. Pihak I memberi kuasa kepada pihak II untuk mengambil uang
sebesar Rp30.000.000,00 di Bank Citra. Niaga dengan nomor rekening 0087.0987.097.21.
Surat kuasa ini hanya berlaku hari Senin, 2 Januari 2012.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
Surat kuasa di atas adalah ...
A.
Pihak I memberikan kuasa sepenuhnya.
B.
Selanjutnya disebut Pihak I.
C.
Bisa disebut Pihak I atau Pihak II.
D.
Pihak I dan Pihak II bersepakat.
E.
Pihak I dan Pihak II mengambil
kesepakatan bersama.
2. Perhatikan
kutipan Surat kuasa berikut!
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
nama : Farhat Adi,
alamat : Jalan Kesuma Ilmu 78, Bandung,
Jabatan : Direktur Operasional PT. Bangun Rezeki,
disebut Pihak I
memberi kuasa kepada Pihak II,
nama : Yuliana Kesuma,
Jabatan : Wakil Direktur Operasional PT Bangun
Rezeki.
Pihak
I memberi kuasa kepada Pihak II untuk menjalankan kewenangan dan tugas-tugas
sebagai direktur selama Pihak I bertugas di Australia. Kewenangan yang
diberikan berlaku pada hari SeninSabtu, 9-14 Januari 2012.
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi Surat kuasa di atas adalah ...
A.
Surat kuasa ini kami buat dengan
sesungguhnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
- Surat kuasa ini kami buat agar dapat dipelajari pihak bersangkutan.
- Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
- Surat kuasa ini kami buat untuk menjadi acuan dokumen Selanjutnya.
- Surat kuasa ini kami buat berdasarkan keputusan bersamadan dipegang oleh setiap pejabat.
I.
Menenentukan isi surat perjanjian surat jual beli
|
Surat
perjanjian adalah surat persepakatan mengenai hak dan kewajiban setiap pihak
yang saling mengikatkan diri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Surat perjanjian dapat dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
1. Surat
perjanjian di bawah tangan yaitu surat perjanjian yang dibuat oleh pihak-pihak
yang bersangkutan, ditandatangani pihak-pihak itu dengan disaksikan oleh dua
saksi, tetapi tidak dibuat di depan pejabat pernerintah yang berwenang
(notaris).
2. Surat
perjanjian autentik yaitu surat yang dibuat secara sah oleh wakil pemerintah
(notaris), ditandatangani pihak-pihak yang mengadakan perjanjian dan para
saksi.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
penggalan surat perjanjian jual bell berikut!
Surat Perjanjian Jual Beli
…
Pasal
1
(1) Harga
unit-unit tersebut telah disetujui oleh penjual dan pembeli secara tunai
sebesar Rp1.500.000,00 per unit.
(2) Jika
jual beli dilakukan secara angsuran, harga unit-unit tersebut telah disetujui
oleh penjual dan pembeli dengan tambahan 30% dari harga tunai, yang dapat
diangsur sebanyak 10 (sepuluh) angsuran, dengan jumlah angsuran yang sama.
Kutipan surat perjanjian di atas berisi
…
A.
kerja sama jual beli yang telah
dilakukan
B.
syarat-syarat perjanjian jual beli
C.
mekanisme pembayaran yang akan
dilakukan
D.
jenis barang yang diperjualbelikan
perjanjian yang
mengikat kedua belah pihak
J.
Menenentukan kalimat pengumuman
|
Pengumuman merupakan
pemberitahuan mengenai suatu hal. Pokok-pokok pengumuman meliputi orang yang
dituju atau sasaran pengumuman, isi pengumuman, tempat dan tanggal
pengumuman itu dibuat, dan pembuat
pengumuman. Pengumuman menggunakan kalimat yang jelas agar sasaran atau
tujuannya komunikatif. Pengumuman dibedakan menjadi pengumuman resmi dan
pengumuman tidak resmi. Pengumuman resmi menggunakan bahasa Indonesia baku.
Sebaliknya, pengumuman tidak resmi menggunakan bahasa sehari-hari.
Contoh
Soal
Cermatilah ilustrasi
berikut ini!
SMK
Nusantara akan mengadakan reuni akbar pada Minggu, 22 Januari 2012 pukul 09.00
WIB–selesai. Reuni akbar tersebut diselenggarakan di Aula SMK Nusantara. Reuni
akbar tersebut diperuntukkan alumni tahun 1990-2010. Panitia mengharapkan
alumni yang berminat mendaftarkan diri ke Arifin Saputra dengan nomor telepon
(021) 887712.
Kalimat pengumuman
yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ...
A.
SMK Nusantara akan mengadakan reuni
akbar bagi alumni angkatan 1990-2010 di Aula SMK Nusantara. Untuk informasi
lebih lanjut, silakan menghubungi Arifin Saputra dengan nomor telepon (021)
887712.
B.
Berhubung akan diadakannya reuni akbar
SMK Nusantara angkatan 1990-2010, dengan ini kami umumkan agar alumni yang
berminat segera mendaftar kepada Saudara Arifin Saputra dengan nomor telepon
(021) 887712.
C.
Diumumkan kepada alumni SMK Nusantara
angkatan 1990-2010 bahwa pada Minggu, 22 Januari 2012 pukul 09.00 WIB–selesai,
di Aula SMK Nusantara akan diadakan reuni akbar. Alumni yang berminat diharap
mendaftar kepada Saudara Arifin Saputra dengan nomor telepon (021) 887712.
D. Alumni
SMK Nusantara angkatan 1990-2010 diharapkan segera mendaftar ke Saudara Arifin
Saputra dengan nomor telepon (021) 887712, untuk mengikuti reuni akbar yang akan
diadakan pada Minggu, 22 Januari 2012 pukul 09.00 WIB - selesai.
E. Dengan
ini kami umumkan bahwa SMK Nusantara akan mengadakan reuni akbar pada Minggu,
22 Januari 2012 pukul 09.00 WIB–selesai. Bagi alumni yang berminat segera
hubungi Saudara Arifin Saputra dengan nomor telepon (021) 887712.
K.
Menyusun catatan kaki
|
Dalam
karya ilmiah terdapat catatan kaki. Aturan
penulisan catatan kaki sebagai berikut.
1.
Diawali nama penulis tanpa dibalik dan
diikuti tanda koma.
2.
Setelah nama penyusun ditulis, judul
buku dicetak miring atau judul artikel ditulis di dalam tanda kutip
3.
Kota terbit, penerbit, dan tahun terbit
ditulis dalam tanda kurung ( ... ). Kota terbit dan penerbit dipisahkan tanda
titik dua. Penerbit dan tahun terbit dipisahkan tanda titik.
4.
Penulisan halaman buku atau artikel
disingkat hlm. dan diakhiri tanda titik.
Contoh Soal
1. Cermatilah
sumber kutipan berikut!
Judul : Panduan
Lengkap Menulis Surat Bisnis Modem
Penulis : Ramelan
Penerbit : PPM, Jakarta
Cetakan : 1, Oktober 2005
Halaman
yang dikutip : 22
Penulisan catatan kaki yang benar
berdasarkan data di atas adalah ...
A. Ramelan,
Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis
Modern (PPM: Jakarta, 2005), hlm. 2.
B. Ramelan,
Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis
Modern (Jakarta: PPM) 2005, hlm 22.
C. Ramelan,
2005, Panduan Lengkap Menulis Surat
Bisnis Modern (Jakarta: PPM), hlm. 22.
D. Ramelan,
Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis
Modern (Jakarta: PPM, 2009), hlm. 22.
E. Ramelan,
Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis
Modern, 2005 (Jakarta: PPM), hlm. 22.
L.
Menentukan catatan hasil
rapat
|
Notula adalah catatan
hasil rapat atau diskusi yang dibuat oleh notulis. Intl sari pembicaraan pada
setiap acara dan keputusan-keputusan rapat/diskusi perlu didokumentasikan dalam
notula. Notula juga memuat gagasan atau ide yang muncul dalam rapat atau
diskusi. Gagasan yang dicatat dapat berupa saran atau pendapat, kritik,
pernyataan setuju, dan penolakan pendapat.
Fungsi notula sebagai
bukti otentik keikutsertaan atau kesaksian semua peserta atas keputusan yang
diambil. Notula pada umumnya berisi:
- nama/jenis rapat;
- hari, tanggal;
- tempat;
- waktu mulai dan berakhirnya rapat;
5.
pemimpin rapat;
- jumlah peserta;
- susunan acara;
- pokok-pokok pikiran;
- keputusan hasil rapat; dan
10. tanda
tangan notulis dan pemimpin rapat.
Contoh
Soal
1.
Bacalah catatan hasil rapat berikut dengan saksama!
- Siswa kelas XII SMK Pertiwi sebaiknya tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
- Siswa dilarang menggunakan perhiasan yang mencolok di sekolah.
- Wali murid mempertimbangkan usulan kepala sekolah mengenai pembuatan lapangan basket.
- Siswa SMK dibentuk menjadi SDM yang siap terjun ke dunia kerja.
- Kunjungan industri ke pabrik Honda di Cikarang dilaksanakan pada Rabu, 25 Januari 2012.
Kalimat catatan hasil
rapat yang berupa tanggapan ditandai nomor ....
A.
1) D.
4)
B.
2) E.
5)
C. 3)
M.
Menentukan isi kata
pengantar laporan dan simpulan laporan
|
Laporan ialah karya
tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan
secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan.
Laporan dibedakan menjadi laporan resmi dan laporan tidak resmi. Unsur-unsur yang terdapat dalam laporan
resmi meliputi bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Bagian awal meliputi
kata pengantar, daftar isi, daftar Label, daftar gambar, arti lambang dan
singkatan, dan abstrak. Bagian inti terdiri atas pendahuluan, pembahasan, dan penutup.
Pendahuluan terdiri atas latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup
masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika Penulisan.
Bagian pembahasan berisi pembahasan atau penjelasan masalah yang disajikan
dalam laporan. Bagian penutup terdiri atas kesimpulan dan saran. Bagian akhir
meliputi daftar pustaka dan lampiran.
Contoh
Soal
1. Perhatikan
kutipan kata pengantar di bawah ini!
Kami
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan
saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan laporan ini.
Isi kata pengantar di
atas adalah ...
A.
Ucapan puji syukur atas terselesainya
pembuatan laporan.
B. Ucapan
terima kasih kepada pihak yang membantu terselesainya laporan.
C.
Harapan adanya kritik dan saran dari
pembaca terhadap isi laporan.
D.
Penjelasan ringkas mengenai isi
laporan.
E. Harapan
agar laporan yang ditulis dapat bermanfaat bagi pembaca.
N.
Menentukan isi kata
pengantar laporan dan simpulan laporan
|
Poster berarti plakat
(perkataan atau pengumuman) yang dipajang di tempat umum. Poster disertai
gambar atau ilustrasi. Kalimat yang digunakan dalam poster adalah kalimat yang
pendek, mudah diingat, dan menarik.
Contoh
Soal
1 .
Perhatikan ilustrasi berikut!
Air
merupakan salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Untuk menunjang kebutuhan
sehari-hari masyarakat menggunakan air tanah. Akan tetapi, besarnya volume
pengambilan air tanah ini tentu saja akan menimbulkan dampak negatif. Selain
dapat menurunkan tingkat permukaan tanah, menurunnya debit air tanah akan mampu
mempercepat intrusi air laut ke daratan. Melihat hal tersebut, akan lebih baik
jika sedari dini kita peduli untuk menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang
serius dengan cara menghemat air.
Kalimat poster yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ...
A.
Kita harus hemat air untuk menghindari
kerusakan lingkungan.
B.
Berhemat air dapat membawa keuntungan.
C. Kita
harus menggunakan air secukupnya.
D. Hemat
air, garansi kehidupan kita!
E. Gunakan
sedikit air, untuk kelestarian lingkungan!
2.
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Masuk SMK? Mengapa
malu?
Maksud kalimat iklan di atas adalah ...
A.
Kita tidak boleh malu jika ingin masuk
ke gedung SMK.
B.
Melanjutkan sekolah di SMK bukan suatu
hal yang memalukan.
C.
Belajar di SMK tidak akan membuat kita
malu.
D.
Kita tidak boleh malu menjadi siswa
SMK.
E.
Menjadi siswa SMK tidak akan memalukan.
IZIN SHARE
BalasHapusRingkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download Now
Hapus>>>>> Download Full
Ringkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Ringkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 5g
Terima kasih mudah2an bermanfaat dunia akhirat
BalasHapusizin share
BalasHapusterimakasih. sangat membantu
BalasHapusterimakasih
BalasHapusBoleh share, tapi jangan lupa sumber aslinya ya... thanks all
BalasHapusMantap min untk materi UN
BalasHapusTp bagi
Pembahasannya dong atau kunci jawabannya
Biar bisa liat btl atau salah
edAN PISAN
BalasHapusRingkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Ringkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Ringkasan Materi Bahasa Indonesia >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK k2